Inilah Cara Memberi Tanda Makam Pahlawan di Pemakaman Umum Grogol 3

SR 12 Mei 2018 14:33:41 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Suasana khitmad tampak terlihat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Grogol 3 Desa Bejiharjo pada Jum'at (11/05/2018) pagi di makam almarhum Veteran Mulut NPV 11.013.296/C yang meninggal pada 4 Februari lalu.

Pagi itu diadakan Upacara Pemancangan Bambu Runcing berbendera merah putih sebagai bentuk penghargaan pahlawan perjuangan 1945. Suasana haru nampak diwajah para keluarga almarhum Mulut.

Pemancangan bambu runcing berbendera merah putih ini merupakan hak anggota veteran yang meninggal dan dimakamkan di pemakaman umum dan klasifikasi makam almarhum sejajar di makam pahlawan.

Upacara tersebut dihadiri oleh Kepala Minved Gunungkidul Kpt CPL Sunarto, Danramil 07/Karangmojo yang di wakili Pld. Ismiyanto, Pengurus DPD LVRI Yogyakarta, Ketua Veteran Gunungkidul Sarbini, Kasi Kesra Desa Bejiharjo Jumiya, anggota PPM, dan Dukuh Grogol 5 Wagiman.

Bertugas sebagai irup dalam upacara ini Ketua Veteran Kabupaten Gunungkidul, Sarbini.

Usai upacara pemancangan bambu runcing selesai, rombongan menuju ke kediaman almarhum Mulut untuk bersilaturahmi.

Keluarga almarhum mengucapkan banyak terima kasih kepada keluarga veteran, Koramil beserta perangkat yang telah mendukung kegiatan ini.

Karno, sekretaris Veteran Gunungkidul dalam sambutannya mengungkapkan bahwa LVRI Veteran Gunungkidul merasa bangga telah memenuhi amanat almarhum yang disampaikan kepada dirinya sebelum meninggal.

"Sebelum meninggal almarhum bapak Mulut berpesan kepada saya apabila nanti meninggal supaya dipasang bambu runcing berbendera merah putih," ungkapnya di kediaman almarhum.

Tujuan pemasangan bambu runcing berbendera merah putih ini, lanjut Karno, untuk tanda bahwa almarhum adalah pembela tanah air yang setua kepada NKRI dan sebagai pengingat kalau di TPU Grogol 3 ada makam veteran.

Selain itu, Pld. Ismiyanto menambahkan tanpa adanya perjuangan para veteran tidak mungkin saat ini kita bisa seperti ini. Koramil 07/Karangmojo siap menjembatani apabila ada permasalahan yang dialami para veteran.

Ismiyanto juga berpesan agar silaturahmi antara keluarga almarhum dan koramil tetap terjaga.

Sebagaimana diketahui sebelumnya bahwa almarhum Mulut merupakan veteran dari Padukuhan Grogol 5 yang meninggal setelah beberapa waktu yang lalu menerima bantuan bedah rumah dari Kodim 0730/Gunungkidul.

Komentar atas Inilah Cara Memberi Tanda Makam Pahlawan di Pemakaman Umum Grogol 3

30 Mei 2018 12:33:36 WIB
Ya Alloh ngga mengira kalo alm bapak mulut adalah Veteran pembela tanah air ' bangga grogol ada makam pahlawan smoga qusnul khotimah Aamiiin

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo

Lokasi Bejiharjo

tampilkan dalam peta lebih besar