Pedagang Pasar Tradisional Grogol Tetap Bertahan

Kontributor 21 Januari 2018 11:19:59 WIB

bejiharjo-Karangmojo.desa.id - Pasar Wage itulah pasar tradisional yang menjadi pasar 6 pedukuhan di Desa Bejiharjo yakni Pedukuhan Grogol 1 sampai 6. Disebut pasar wage karena pasar ini hanya melakukan aktifitas jual beli pada pasaran wage saja dalam kalender jawa. Sebenarnya pasar wage ini merupakan pasar tradisional yang sudah sangat lama sekali melakukan aktifitas jual beli, bisa dibilang sudah turun temurun dari nenek moyang.

Menurut Panut Narto Wiyono, sesepuh dan mantan Dukuh yang rumahnya bersebelahan dengan pasar wage, dulu setiap pasaran wage pasar ini dari pagi-pagi sekali sudah ramai dikunjungi pembeli dari warga Pedukuhan Grogol 1 sampai 6 bahkan dari pedukuhan-pedukuhan lain dipenjuru Desa Bejiharjo.

Tetapi seiring kemajuan jaman serta mulai munculnya pasar-pasar modern dan mini market kegiatan jual beli di pasar ini mulai menurun drastis, malah boleh dibilang hampir mati.

Melihat keadaan yang seperti ini Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mulai mengadakan pembangunan dan rehabilitasi  sebanyak 2 kali. Rehabilitasi terakhir yaitu pada tahun 2015-2016, sejak saat itu pula nama Pasar Wage beralih nama menjadi Pasar Grogol. Selesai dibangun keadaan los dan lingkungan pasar terlihat sangat rapi dan bersih.

Warga masyarakat di Pedukuhan Grogol merasa sangat senang sekali dengan dibangunnya pasar Grogol ini. Sapto Heru Ananta salah seorang Penjual Sembako di los pasar ini juga merasa sangat senang dengan rehap ini, Ia berharap kedepannya warga masyarakat juga akan ikut menjaga keberadaan pasar tradisional ini dengan ikut meramaikan jual beli pada setiap Wage dipasar ini.

Pasar wage atau Pasar Grogol ini terletak di Padukuhan Grogol 3 Desa Bejiharjo, Karangmojo atau 500 meter ke utara perempata Gereja Phatan Grogol, berada tepat diseberang selatan jalur Gerilya Jendral Sudirman.

Total penjual yang saat ini masih berjualan dilos pasar ini sebanyak 5 penjual. Pemerintah Desa Bejiharjo berharap dan menghimbau agar warga masyarakat ikut serta melestarikan keberadaan pasar tradisional di Desa Bejiharjo, salah satunya Pasar Wage atau Pasar Grogol di Pedukuhan Grogol ini.

 

 

 

 

Dokumen Lampiran : Penjual Pasar Tradisional Grogol Masih tetap bertahan


Komentar atas Pedagang Pasar Tradisional Grogol Tetap Bertahan

Santosa 21 Januari 2018 14:26:56 WIB
Pasar kenangan ini.....dulu sangat rame sekali......tp ya krn jaman....aku msh inget : Mbah tris bajiyo,mbah sis, mbah mariyam dawet, mbah ris dawet,lik ngatijem, mbah rukinah, dll....rame banget kalau panen kacang....semua tinggal kenangan.....smg tetap dirawat lokasinya&bermanfaat bagi masyarakat....

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo

Lokasi Bejiharjo

tampilkan dalam peta lebih besar