Kampung KB Bulu Bentuk PIK Remaja

Kontributor 14 Januari 2018 13:17:12 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Kegiatan kemasyarakatan di lingkup desa meliputi berbagai aspek, di lingkup pedukuhan pun juga terdapat kegiatan kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh organisasi kemasyarakatan pedukuhan seperti halnya di Pedukuhan Bulu Desa Bejiharjo. Akhir tahun 2017 lalu, Pedukuhan Bulu dibentuk menjadi Kapung Keluarga Berencana (KKB) oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Kaputanen Gunungkidul.

Selang beberapa minggu, di KKB Bulu dirintis pembentukan PIK-R atau Pusat Informasi Konseling Remaja pada Sabtu (13/01/2018). Dalam Pedoman Pengelolaan PIK Remaja/Mahasiswa, Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M) adalah suatu wadah kegiatan program GenRe dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja/mahasiswa yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja/mahasiswa guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja/mahasiswa serta kegiatankegiatan penunjang lainnya.

Pengelola PIK Remaja mulai dari usia 10 hingga 24 tahun, belum menikah dan punya komitmen dalam mengelola dan melaksanakan PIK Remaja/Mahasiswa serta telah mengikuti pelatihan/orientasi. Pembentukan PIK R/M di lingkungan komunitas remaja dan mahasiswa untuk memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang 8 Fungsi Keluarga, Pendewasaan Usia Perkawinan, TRIAD KRR, Life Skills, Gender, Advokasi dan KIE.

Tujuan dibentuknya PIK Remaja ini untuk meberikan informasi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), pelayanan Konseling dan Rujukan KRR, menciptakan remaja yang berprilaku sehat dan terhindar dari resiko seks bebas, HIV/AIDS, NAPZA, serta mencapai generasi yang berkualitas. Terbentuknya PIK-R ini diharapkan pula kedepannya bisa menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.

Komentar atas Kampung KB Bulu Bentuk PIK Remaja

Ifen 15 Januari 2018 02:42:13 WIB
Hot news sekali ini,suatu padukuhan Yang saya kira sanggup mempunyai ide brilliant untuk mengumpulkan remaja serta memberikan wadah bagi remaja untuk berexplore dalam kegiatan positif Dan juga memotifasi mereka agar tercapai masa depan Yang cerah bukannya madesu ( masa depan suram) Yang sampai saat ini masih terasa pada remaja didaerah kita ini. Saya tunggu article info aktifitas anda Yang lebih brilliant lagi warga padukuhan BULU. Saya ifen pimpinan dari majalah idola remaja kota jogja.semangat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo

Lokasi Bejiharjo

tampilkan dalam peta lebih besar